Home > Manfaat dan Khasiat VCO

 
 
 
 
 
 
 
 

Manfaat dan Khasiat Minyak Kelapa Murni / Virgin Coconut Oil ( VCO )

Halaman ini ditelusuri dengan pencarianManfaat VCO , Khasiat VCO , Manfaat Virgin Coconut Oil , Khasiat Virgin Coconut Oil

   Manfaat Dan Khasiat VCO

Manfaat dan Khasiat Minyak VCODi banyak negara saat ini, seperti Amerika, Cina, India dan lain-lain, VCO merupakan obat alternatif yang banyak dicari. Manfaat VCO dan khasiat VCO atau Virgin Cononut Oil (VCO) sudah mereka rasakan. Dalam satu macam bentuk saja (tampa diracik dengan yg lainnya), sudah mempunyai manfaat yang luar biasa. Apa manfaatnya? Baiklah silahkan ikuti uraiannya berikut ini.Manfaat VCO , Khasiat VCO , Fungsi VCO , Manfaat Virgin Coconut Oil , Khasiat Virgin Coconut Oil , 

Manfaat VCO untuk Kesehatan

Asam Lemak yang terkandung dalam Minyak VCO/Virgin Coconut Oil berbeda dengan asam lemak berantai panjang (LCFA-long chain fatty acid). Untuk memanfaatkan asam lemak berantai panjang tubuh harus menimbunnya terlebih dahulu dalam bentuk lemak sehingga menyebabkan tubuh menjadi gemuk (obesitas), LCFA ini terdapat pada berbagai macam minyak sayur yang kita konsumsi.

Kandungan asam lemak rantai panjang (LCFA) minyak sayur memiliki ukuran molekul asam-asam lemak yang besar. Untuk dapat diserap melalui dinding usus, maka minyak sayur perlu proses dahulu dalam saluran cerna. Mula-mula asam lemak ini harus diuraikan menjadi unit-unit asam-asam lemak ukuran kecil dan berbentuk asam lemak bebas (free fatty acid) melalui proses hidrolisis dan emulsi dengan bantuan cairan empedu. Setelah diemulsikan sempurna, lalu diuraikan menjadi unit-unit asam lemak bebas dengan bantuan enzim-enzim kelenjar pankreas. Selanjutnya baru bisa diserap oleh dinding usus, lalu ditampung dalam saluran getah bening. Uraian unit-unit asam lemak tersebut disusun kembali dan dikemas menjadi chylomicron dan lipoprotein.

Lipoprotein inilah yang dipasokkan ke dalam aliran darah, dan sampai ke hati dimetabollisir dan produknya didistribusikan ke seluruh kelenjar endoktrin, organ dan jaringan tubuh sampai habis dalam bentuk energi, kolesterol, dan sisa lemak yang ditimbun di jaringan lemak tubuh. Dua senyawa terakhir (kolesterol dan timbunan lemak) inilah yang dapat menjadi dasar timbulnya berbagai macam penyakit kronis dan degeneratif seperti hipertensi, stroke, dan diabetes.

Berbeda dengan minyak sayur, VCO yang mengandung 92% asam lemak rantai sedang ini  bisa terus diserap melalui dinding usus sesampainya di saluran cerna, proses ini lebih cepat karena tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Selanjutnya langsung dipasok masuk kedalam aliran darah dan langsung dibawa kedalam organ hati untuk dimetabolisir. Didalam hati VCO diproses menjadi energi saja, bukan kolesterol dan timbunan lemak, energi tersebut digunakan untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktrin, organ dan jaringan tubuh.

MCFA dalam VCO ini juga dimiliki oleh ASI (Air Susu Ibu) yang merupakan makanan kaya gizi. Karena itulah VCO sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapapun mulai dari Bayi, Anak, Remaja, Orang Dewasa Ibu Hamil atau menyusui sampai yang sudah lanjut usia. Manfaat VCO , Khasiat VCO , Fungsi VCO , Manfaat Virgin Coconut Oil , Khasiat Virgin Coconut Oil , Fungsi Virgin Coconut Oil  

VCO Bebas Toksik & Karsinogenik dan juga sebagai Antioksidan dan Anti Radikal Bebas Pelindung

Perbedaan antara minyak sayur dan VCO juga bisa  dilihat saat keduanya digunakan untuk menggoreng. Akibat pemanasan yang tinggi, pada minyak sayur terbentuklah asam lemak trans. Asam lemak ini yang bukan lagi nutrisi dapat berubah menjadi ikatan ganda, berubah ikatannya dan terjadi pembelokan atau berbagai bentuk lain yang tidak menentu.

Asam lemak trans adalah toksik, ia merubah struktur kimia  minyak menjadi kacau. Dengan demikian asam lemak trans menggantikan posisi di dinding sel. Seakan-akan menjadi pelindung, tetapi pada kenyataannya malah menghalangi masuknya nutrisi ke dalam sel dan membiarkan bahan asing masuk ke dalam sel.

Pemanasan minyak sayur juga menghasilkan radikal bebas yang bersifat karsinogenik. Tahukah Anda Gabungan minyak trans, radikal bebas, kelebihan kolesterol, timbunan lemak dalam jaringan tubuh inilah penyebab utama berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kegemukan dan kanker.

Selama dasar penyebabnya terus ditimbun dalam tubuh, maka pengobatan secanggih apapun hanya meredam gejala penyakitnya sementara waktu saja. dan belum tentu menyembuhkan.

Berbagai organisasi kesehatan di Amerika dan Eropa menghendaki kadar asam lemak trans dalam makanan adalah 0%. Hal ini disebabkan karena asam lemak trans bukan lagi bersifat nutrisi, tetapi sebagai racun metabolisme, seperti halnya arsenikum dan sianida.

Namun keadaan ini tidak berlaku pada VCO saat digoreng. Struktur kimia minyak ini tidak berubah, ini dikarenakan 92% jenis asam lemaknya sudah dalam bentuk jenuh (saturated fatty acids) oleh karena itu tetap stabil.

Virgin Coconut Oil tidak menghasilkan asam lemak trans dan radikal bebas yang bersifat toksik dan karsinogenik yang berbahaya. Di dalam alur proses pencernaan minyak VCO di metabolisir menghasilkan energi saja, tidak ada kolesterol dan juga tidak ada timbunan sisa lemak, dengan demikian VCO lebih aman dan bermanfaat untuk di konsumsi dibandingkan minyak lain Fungsi Virgin Coconut Oil , Manfaat Minyak Kelapa Murni , Khasiat Minyak Kelapa Murni , Fungsi Minyak Kelapa Murni

Memulihkan & Meningkatkan Daya Tahan Tubuh